I am just ordinary girl who is learning to write on blog.. Thank's for your visit :)
Jumat, 19 September 2014

Bukan lagi SISWA tapi MAHASISWA

Hallo..
Lama nggak ngeblog dan sibuk berkutat dengan yang namanya kesibukan kelas XII, sekarang (lebih tepatnya sekitar satu bulan yang lalu) akhirnya status SISWA yang selama ini melekat pada diri saya berganti menjadi MAHASISWA. Ada kebanggaan tersendiri saat mendapatkan tambahan 'maha' di depan kata 'siswa', apalagi menjadi mahasiswa dari universitas yang selama ini menjadi impian banyak orang termasuk saya. 
Sebelum sedikit bercerita lebih lanjut soal masa awal perkuliahan, rasaya saya ingin flashback sebentar. Setelah menghadapi ujian nasional yang sangat 'sesuatu' beberapa bulan yang lalu, rasanya sedikit pesimis untuk bisa diterima di PTN lewat jalur SNMPTN mengingat soal-soal tahun ini sangat mengejutkan dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akhirnya SNMPTN memang bukan jalan saya. Sedikit down  memang waktu tahu saya tidak menjadi bagian dari banyak teman saya yang lolos SNMPTN. Namun berdiam diri dan meratapi nasib tidak akan merubah apapun, saya memutar otak dan mengatur ulang strategi agar bisa lolos SBMPTN. Saya harus belajar keras untuk mengejar ketertinggalan dalam mempelajari materi SBMPTN  karena memang saya tidak mempersiakan kemungkinan terburuk ini sejak awal. Walau begitu, alhamdulillah pada 16 Juli 2014 saya dinyatakan lolos SBMPTN.
Dan sekarang saya menjadi salah satu bagian dari Universitas Gadjah Mada, salah satu universitas terkemuka di negeri ini. Saya diterima di prodi Manajemen Sumber Daya Perikanan, jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian UGM. Sebelum benar-benar menjadi mahasiswa UGM, ada serangkaian PPSMB (Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru) atau yang di universitas lain dikenal sebagai ospek. Mulai dari PPSMB tingkat universitas hingga fakultas. Dari kegiatan itu saya benar-benar merasakan betapa beruntungnya saya bisa menjadi bagian UGM, bisa bertemu orang-orang hebat di tempat yang hebat pula. Selesai PPSMB ternyata masih ada OPKSMP  (ospek jurusan) yang harus dilalui. Walau katanya PPSMB dan OPKSMP ini terlalu banyak tugas (tapi menurut saya tidak terlalu berat karena waktu mos sma lebih banyak dan lebih ribet), tapi juga sangat mengesankan.
Formasi Garuda oleh mahasiwa UGM 2014
Setelah rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan perkuliahan selesai, perkuliahan yang sebenarnya pun dimulai. Sampai saat ini tepat tiga minggu kegiatan perkuliahan berlangsung. Beda memang dengan sma, tapi perbedaan itu belum benar-benar terasa (mungkin karena masih awal dan belum banyak tugas :D). Perbedaan paling mendasar yang terasakan adalah jadwal perkuliahan yang tidak terus menerus dari pagi sampai siang seperti waktu sma. Untuk semester awal ini masih harus berhadapan dengan fisika, matematika juga kimia. Baru beberapa mata kuliah yang baru yang dulu belum didapat waktu sma. Kalau dipikir-pikir tak jauh beda dengan sma, serasa kelas 4 sma mungkin hahaa. 
Rasanya masih banyak hal yang belum saya ketahui dengan dunia mahasiswa ataupun dunia perkuliahan, jadi sangat pelu adaptasi. Semoga ke depannya bisa menjadi mahasiswa yang sukses akademik juga non akademik. Amiin

0 komentar:

Posting Komentar

 
;