I am just ordinary girl who is learning to write on blog.. Thank's for your visit :)
Selasa, 11 Desember 2012

Perayaan Hanami

Belajar budaya asing memang selalu menarik, di mana kita menjadi tahu banyak hal yang unik dan pastinya menarik. Banyak hal positif yang bisa kita ambil sebagai pelajaran berharga, di samping hal negatif yang tidak selayaknya di terapkan di negara kita.
Kali ini aku mau ngeshare salah satu budaya Jepang yaitu Perayaan Hanami. Ada yang tahu tentang perayaan itu? Mendengar kata "hanami" mungkin tidak asing lagi di telinga. Perayaan Hanami (hana wo miru = melihat bunga) merupakan perayaan tahunan yang ada di negara Jepang pada musim semi, biasanya pada bulan April untuk melihat bunga Sakura yang bermekaran.

Sebenarnya Perayaan Hanami ini sederhana saja. Namun tanpa melihat kesederhanaannya, Perayaan Hanami menjadi salah satu festival yang menjadi kesenangan dan selalu ditungu-tunggu oleh warga Jepang.
Warga Jepang berbondong-bongdong mengajak sanak keluarga, teman, bahkan pasangan untuk melihat indahnya bunga Sakura yang mekar. Bayangkan, kita dapat berkumpul dan merasakan kehangatan serta kebahagiaan dengan orang-orang yang kita cintai di antara rimbun pepohonan sakura yang bunganya tengah mekar. Bisa berkumpul dengan orang tercinta, melupakan kepenatan hidup, menjadi kesan dan memberikan kedamaian tersendiri.

Saat Perayaan Hanami, warga Jepang seperti piknik masal. Kenapa dikatakan piknik masal? Karena  puluhan bahkan mungkin bisa ratusan warga Jepang berbondong-bondong memenuhi taman-taman yang banyak terdapat bunga Sakura. Menggelar tikar, duduk-duduk di bawah pohon Sakura, bergembira bersama, makan dan minum dari bekal yang di bawa seperti sake dan makanan khas Jepang, Perayaang ini sudah seperti pesta kebun.

Bukankah Perayaan Hanami ini sederhana? Ya, kesederhanaan di tengah perkembangan budaya yang semakin modern di Jepang ini tetap terjaga kelestariannya. Perayaan Hanami ini menjadi salah satu kekhasan dan ikon negara Jepang.

Mungkin itu dulu postingku tentang Perayaan Hanami, mungkin di posting berikutnya bisa dilanjut tentang Bunga Sakura *kalo sempet* :D
Thank's for reading, Guys..


0 komentar:

Posting Komentar

 
;